•  SMK AL MUSLIM ADAKAN PERAYAAN HARI KARTINI DAN HARI BUMI
  • Alhamdulillah dengan  kreativitas dan ketekunan, ternyata kaleng bekas cat  pun dapat dibuat kembali menjadi barang yang bermanfaat. Membuat sesuatu yang lebih bermanfaat dari barang bekas tentunya kita kenal dengan konsep 3 R, yaitu 3R atau Reuse, Reduce, dan Recycle.
  • SMK Al Muslim Tambun  menyelenggarakan kegiatan workshop lingkungan untuk sekolah-sekolah setingkat SD  yang ada dibeberapa  wilayah  Bekasi.
  • Terik matahari tidak mengurangi antusiasme siswa-siswi SMK Al Muslim Tambun di lapangan Basket, Jum’at / 12 April 2013.

Jumat, 05 April 2013

DAUR ULANG KERTAS KORAN

 Yuk....Membuat Kreasi dari koran bekasi 

 Subhanallah.... indah sekali pernak-pernik hiasan yang telah dibuat oleh siswa/siswi SMK Al Muslim khususnya dari Level X. Berbagai corak dan warna, serta bentuk yang lucu-lucu menghiasi meja di ruang kelas X. Beberapa pernak-pernik antara lain: bros dan gantungan kunci dengan harga yang bervariasi sudah tertata di ruang Unit Produksi (UP) SMK Al Muslim. Dari harga yang termurah Rp. 2.000,- (dua ribu rupiah) sampai yang termahal Rp. 10.000,- (sepuluh ribu rupiah). Wah pasti... gak rugi kalau kalian membelinya. So pasti lebih puas kalau kita dapat membuatnya.

Banyak keuntungan yang kita dapatkan jika kita membuat pernak-pernik dari koran bekas tersebut. Dengan mengolah sampah terutama koran yang sudah tidak terpakai lagi, maka secara tidak langsung kita telah menjaga lingkungan menjadi bersih, volume sampah tentunya akan berkurang. Dan yang lebih asyik, dapat menghasilkan uang loh... jadi dengan sampah kita dapat berwirausaha...

Yuk... generasi muda...
Jadilah generasi yang peduli lingkungan
Pasti.... BISA...!!!

Mau coba ???

Ikuti langkah-langkahnya di bawah ini ya.....

Membuat Sendiri Kerajinan dari Bubur Kertas

Peralatan yang dibutuhkan untuk membuat celengan berhias ini adalah:
1. Toples bekas 6. Pengaduk dari lidi/sumpit
2. Kertas koran 7. Air
3. Ember kecil 8. Cat air dengan berbagai warna
4. Tepung sagu/kanji 9. Kuas
5. Panci kecil 10. Solder


Sebelum membuat bubur kertas, kita siapkan ember kecil yang sudah diisi dengan air serta kertas koran yang sudah disobel kecil-kecil (3 lembar koran). Sobekan kertas koran direndam ke dalam ember yang berisi air selama kurang lebih 2 jam. Bubur kertas diaduk-aduk supaya partikel buburnya merata.

Bubur kertas sebetulnya sudah mempunyai daya rekat, namun untuk lebih memperkuat dapat ditambah dengan lem buatan sendiri. Masukkan air satu gelas dalam panci dan campur dengan tepung sagu/kanji satu sendok makan. Aduk tepung hingga merata dalam air, kemudian rebus panci tersebut (dengan api yang tidak terlalu besar) sambil diaduk-aduk dengan lidi supaya tepung tidak menggumpal. Lem cair dibuat agak encer, bila terlalu pekat bisa ditambahkan air pada waktu masih direbus.

Bubur kertas yang sudah jadi dibuang airnya supaya dapat dibentuk berbagai pola. Sebelum ditempel ke toples dicampur dulu dengan lem supaya mempunyai daya rekat yang baik. Bubur kertas kemudian sedikit demi sedikit ditempelkan ke toples secara merata. Lubang toples sementara ditutup dengan kertas karton supaya lubang tidak tertutup dengan bubur kertas (lihat gambar). Bentuk tempelan dapat disesuaikan dengan permukaan dan dapat ditambah dengan motif bintang ataupun bulatan sesuai kreasi kita. Setelah itu, toples yang sudah ditempel bubur kertas diangin-anginkan supaya kering. Waktu pengeringan agak lama bisa sampai 2 hari baru kering dan sebaiknya tidak dijemur langsung ke sinar matahari karena bubur kertas dapat retak-retak dan kelihatan tidak rapih. Setelah kering baru diwarnai dengan cat air dengan warna-warni sesuai dengan keinginan kita.

Bubur kertas yang tidak terpakai ternyata masih cukup banyak dan bisa dibuat hiasan seperti bintang, kucing, dan bola. Prosesnya sama yaitu dibentuk sesuai pola yang diinginkan kemudian diangin-anginkan. Pada waktu masih basah warna agak gelap dan bila telah kering warna akan menjadi putih. Setelah kering kita beri warna dan sebagai hiasan tersebut. Selamat mencoba.
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar